Tips dalam Mengenakan Gamis Syar’i Khimar

 Gamis Syar’i Khimar – Selain Hijab serta  Khimar, busana Gamis saat ini juga telah menjadi fashion idola para wanita muslimah, mulai dari kalangan remaja hingga kalangan dewasa. Seiring perkembangan fashion yang pesat sehingga berakibat banyak sekali muncul model busana gamis yang ditawarkan di pasaran baik secara online maupun mall. Dengan hal ini waita muslimah tidak perlu bingung dan susah lagiuntuk tampil lebih cantik dan anggun. Wanita hanya tinggal memilih model busana gamis yang ditawarkan di pasaran, sehingga para wanita muslim akan merasa dimanja karena mereka tidak perlu bingung untuk tampilamis yang sesuai dengan budget dan seleranya.

Sekarang ini busana gamis tidak hanya dipakai wanita muslimah untuk menghadiri acara-acara resmi saja, namun dapat dikenakan saat kegiatana non formal dan sanatai lainnya bahkan dapat digunakan untuk sehari-hari. Di Indonesia sendiri, wanita muslimah cenderung mengenakan busana muslim terus meningkat. Tentu saja hal ini adalah hal yang cukup baik dan sangat menggemberikan. Sehingga para desainer busana muslim termasuk perancang busana gamis meyambut hal ini dengan merancang berbagai busana muslim gamis dengan berbagai model yang tentunya lebih modis dan modern1460097389026_scaled

Namun dalam memakai busana muslim gamis tentunya muslimah juga memperhatikan khimar atau kerudung sebagai penutup kepala dan rambutnya. Jangan samapai antara gamis dengan khimar yang digunakan tidak sepadan atau sesuai. Dalam mengenakan khimar atau kerudung bukan karena mengikuti trend yang terjadi sekarang ini, namun juga harus memperhatikan cara-cara yang tepat dan tentunya benar menurut islam. Karena menutup aurat termasuk  mengenakan khimar atau kerudung sebagai penutup kepala merupakan suatu kewajiban bagi semua wanita muslimah yang telah akhil baligh saat keluar rumah atau bertemu dengan laki-laki yang bukan muhrimnya.

Wanita muslimah harus memahami bahwa mengenakan busana muslim seperti gamis syar’i dan juga khimar syar’i karena itu sudah menjadi kewajiban. Bukan karena mengikuti tren selebritis yang seruing memakai khimar yang kebanyakan tidak sesuai dengan syari’ah islam dan biasanya mereka dapat memakainya secara musiman.

Untuk lebih jelasnya saya akan memberikan tips dalam memakai khimar syar’i yang sesuai aturan agama islam yaitu:

Memakai khimar atau kerudung bukan hanya karena mengikuti tren saja, tetapi kita harus mengetahui bagaimana cara-cara dalam memakai khimar dan syaratsyarat

khimar yang sesuai dengan aturan Islam. Hal ini karena memang memakai busana muslim syar’i yang salah satu bagiannya adalah khimar itu merupakan

kewajiban dari setiap muslimah yang sudah baligh pada waktu keluar rumah dan bertemu dengan laki-laki yang bukan mahrom.

Saya akan memberikan tips dalam memakai Gamis Syar’i Khimar yang sesuai dengan aturan Islam antara lain:

  • Pilihlah khimar yang tepat dengan kepala serta rambut

Maksud penyataan ini adalah muslimah khimar yang sesuai dengan kondisi rambut serta kepala. Apabila mempunyai rambut dan kulit kepala yang mudah gatal dan berkeringat, pilihlah khimar yang dapat menyerap keringat dan mudah kering saat terkena sinar matahari sehingga khimar akan tetap nyaman dikenakan.

  • Pilih khimar yang tidak transparan

Muslimah harus memilih khimar yang tidak transparan sehingga tidak ada bayangan rambut yang terlihat dikepala muslimah. apabila khimar yang dipakai muslimah terlalu tipis, maka harus dilapisi dengan inner agar rambut tidak terlihat.

  • Khimar harus dapat menutupi dada

Ketika muslimah akan membeli khimar atau kerudung maka muslimah harus memilih khimar yang panjang dan dapat menutupi dada.

  • Pilihlah gamis syar’i

Kemudian muslimah juga harus mengenakan busana muslim yang tentunya sesuai aturan islam, tentunya dapat menutup aurat, tidak transparan. Janganlah mengenakan busana dengan sanggul yang dapat mengakibatkan terlihat seperti punuk unta.

Demikianlah tips dalam mengankan gamis khimar syar’i. Semoga bermanfaat.

 

Leave a comment